Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Persija dan Persebaya Tak Termasuk Klub Profesional, Indonesia Malu ke Vietnam

By Abdul Rohman - Jumat, 20 November 2020 | 15:18 WIB
Ketua dan anggota Club Licensing Committee PSSI berfoto usai memutuskan enam klub profesional Indonesia dalam rapat di Jakarta, Kamis (19/11/2020) malam.
PSSI.ORG
Ketua dan anggota Club Licensing Committee PSSI berfoto usai memutuskan enam klub profesional Indonesia dalam rapat di Jakarta, Kamis (19/11/2020) malam.

SUPERBALL.ID - Dari 18 klub Liga 1 2020, ternyata cuma sepertiga yang sudah tergolong klub profesional, Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya tak termasuk.

Fakta itu diketahui setelah PSSI menyelesaikan AFC Club Licensing Cycle tahun 2020, meski dalam situasi pandemi Covid-19.

AFC Club Licensing Cycle adalah parameter sangat penting dalam melihat eksistensi dan nilai sebuah klub.

AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga merupakan suatu syarat bagi klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi Asia seperti Liga Champions Asia dan Piala AFC.

Baca Juga: Kekhawatiran Striker Berdarah Afrika di TC Timnas U-16 Indonesia

Ada lima aspek atau kriteria yang menjadi penilaian AFC Club Licensing Cycle.

Kelima aspek itu adalah sporting, infrastructure, personnel and administration, legal, finance.

Pada tahun ini, seluruh klub Liga 1 2020 mengajukan diri untuk mengikuti proses AFC Club Licensing Cycle itu.


Editor : Taufik Batubara
Sumber : PSSI.org

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.